Selasa, 11 Oktober 2016

Operasi Kanker Payudara

Operasi
Lumpectomy - pengangkatan tumor dan margin kecil dari jaringan sehat di sekitarnya. Pada kanker payudara, ini sering disebut operasi payudara-sparing. Jenis operasi mungkin direkomendasikan jika tumor kecil dan ahli bedah percaya itu akan mudah untuk memisahkan dari jaringan di sekitarnya.
Mastektomi - pengangkatan payudara. Mastektomi sederhana melibatkan menghapus lobulus, saluran, jaringan lemak, puting, areola, dan beberapa kulit. Mastektomi radikal berarti juga menghilangkan otot dinding dada dan kelenjar getah bening di ketiak.
Sentinel simpul biopsi - salah satu kelenjar getah bening pembedahan. Jika kanker payudara telah mencapai kelenjar getah bening dapat menyebar lebih jauh melalui sistem limfatik ke bagian lain dari tubuh.
Aksila diseksi kelenjar getah bening - jika node sentinel ditemukan memiliki sel-sel kanker, ahli bedah dapat merekomendasikan menghapus beberapa node nimfa di ketiak.
Operasi rekonstruksi payudara - serangkaian prosedur bedah yang bertujuan untuk menciptakan payudara sehingga terlihat sebanyak mungkin seperti payudara lainnya. Prosedur ini dapat dilakukan pada saat yang sama sebagai mastektomi . Ahli bedah dapat menggunakan implan payudara, atau jaringan dari bagian lain dari tubuh pasien.
terapi radiasi (radioterapi)
dosis terkontrol radiasi ditargetkan pada tumor untuk menghancurkan sel-sel kanker. Biasanya, radioterapi digunakan setelah operasi, serta kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin masih berada di sekitar. Biasanya, terapi radiasi terjadi sekitar satu bulan setelah operasi atau kemoterapi. Setiap sesi berlangsung beberapa menit; pasien mungkin memerlukan 3-5 sesi per minggu selama tiga sampai enam minggu.

Jenis kanker payudara wanita memiliki akan menentukan jenis terapi radiasi dia mungkin harus menjalani. Dalam beberapa kasus, radioterapi tidak diperlukan.

jenis terapi radiasi meliputi:

Terapi radiasi payudara - setelah lumpectomy, radiasi diberikan ke jaringan payudara yang tersisa
Dada terapi radiasi dinding - ini diterapkan setelah mastektomi
Meningkatkan payudara - tinggi dosis terapi radiasi diterapkan di mana tumor itu diangkat dengan operasi. Penampilan payudara dapat diubah, terutama jika payudara pasien yang besar.
Kelenjar getah bening terapi radiasi - radiasi ditujukan pada aksila (ketiak) dan daerah sekitarnya untuk menghancurkan sel-sel kanker yang telah mencapai kelenjar getah bening
Payudara brachytherapy - para ilmuwan di UC San Diego Moores Cancer Center mengungkapkan bahwa pasien kanker payudara stadium awal dalam saluran susu yang belum menyebar, tampaknya manfaat dari menjalani brachytherapy payudara dengan aplikator berbasis strut. Pengobatan 5-hari ini diberikan kepada pasien setelah mereka telah menjalani operasi lumpectomy. Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang menerima brachytherapy payudara berbasis strut memiliki tingkat kekambuhan rendah , serta lebih sedikit dan kurang parah efek samping.
Efek samping dari terapi radiasi mungkin termasuk kelelahan , lymphedema , penggelapan kulit payudara, dan iritasi pada kulit payudara.

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar